Jumat, 20 Oktober 2017

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Pleci serta manfaatnya

Pleci adalah burung kecil yang istimewa, burung ini terkenal dengan suara ngalasnya yang keras dan melengking. Selain suara ngalas, Pleci juga bisa bersuara ngeroll dengan melantunkan suara isian yang bervariasi.

Pleci termasuk burung yang cerdas dan bisa menirukan suara-suara burung lain yang sering didengarnya. Tapi agar Pleci bisa bersuara ngalas ngeroll dan buka paruh, maka Pleci harus mendapatkan perawatan yang baik dan juga harus diberikan Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk mendongkrak birahi dan staminanya.

Berikut ini adalah beberapa jenis Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Pleci agar performanya bisa maksimal:

Ulat kandang (UK)

Ulat kandang (UK) memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari ulat hongkong (UH), Walaupun ukurannya kecil, tapi ulat kandang (UK) memiliki kandungan protein yang tinggi dan memiliki manfaat yang besar untuk Pleci.

Ulat Kandang (UK) dapat membuat Pleci lebih gacor dan lebih banyak bersuara ngalas dan ngeplong daripada ngeriwiknya. Tapi perlu di ingat, kandungan protein pada ulat kandang (UK) yang tinggi dapat membuat tingkat birahi Pleci berada pada titik maksimal yang berpotensi menyebabkan over birahi (OB) jika diberikan dalam porsi yang berlebihan.

Ulat kandang (UK) cukup diberikan seminggu 3x saja dengan porsi setengah sendok teh untuk sekali pemberian.

Kroto

Kroto memiliki kandungan ptotein yang tinggi dengan tekstur lunak dan mudah dikonsumsi oleh Pleci. Efek kroto sangat signifikan jika diberikan pada Pleci, yaitu dapat membuat Pleci memjadi rajin bunyi dan gacor sepanjang hari.

Tapi perlu di ingat, Pleci yang diberikan Ekstra fooding (EF) kroto cenderung lebih banyak bersuara ngeriwik dan teler dengan mengeluarkan semua materi isiannya.

Pemberian kroto yang berlebihan juga tidak baik untuk Pleci, karena dapat menyebabkan kegemukan, dan akibatnya Pleci menjadi kurang aktif bergerak dan juga malas bunyi.

Sebaiknya kroto cukup diberikan 3x seminggu saja dengan porsi satu sendok teh untuk sekali pemberian.

Jangkrik

Jangkrik adalah Ekstra fooding (EF) yang bersifat netral, fungsinya untuk mendongkrak birahi dan stamina Pleci. Tapi perlu di ingat, kandungan protein jangkrik juga cukup tinggi, dan jika diberikan secara berlebihan juga dapat menyebabkan Pleci menjadi over birahi (OB).

Ulat hongkong (UH)

Ulat hongkong (UH) bermanfaat untuk menambah volume suara Pleci agar lebih rajin ngeplong dan buka paruh ketika berkicau.

Ulat hongkong (UH) juga bermanfaat untuk mejaga suhu tubuh Pleci di musim hujan agar tetap hangat.

Berikan ulat hongkong (UH) yang masih berwarna putih/baru berganti kulit sebanyak 1-2 ekor saja setiap pagi dan sore, karena jika ulat hongkong (UH) diberikan secara berlebihan dapat menyebabkan over birahi (OB), dan bahkan bisa menyebabkan bulu-bulunya rontok.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Pleci jantan dan betina paling akurat

Settingan harian Kolibri Ninja (Konin) agar gacor dan ngobra

Cara melatih Kolibri Ninja (Konin) bahan/bakalan agar mau makan kroto

Perawatan khusus agar Pleci ngalas ngeroll dan buka paruh

Demikian sedikit informasi tentang Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Pleci serta manfaatnya. Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pleci dakun buka paruh

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com