Minggu, 15 Oktober 2017

Manfaat daun sereh dan jahe untuk Lovebird (LB)

Manfaat daun sereh untuk Lovebird (LB):

Sereh lebih umum kita kenal sebagai bumbu dapur yang berguna sebagai pelengkap untuk mengharumkan aroma masakan. Tapi selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, ternyata sereh juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk Lovebird (LB).

Daun sereh bermanfaat untuk menghangatkan tubuh Lovebird (LB), dan untuk mencegah Lovebird terserang flu ketika cuaca kurang bagus yang bisa mengakibatkan suaranya menjadi serak. Selain itu, air rebusan daun sereh juga berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan Lobebird (LB).

Tapi yang paling utama dari manfaat ramuan herbal daun sereh adalah untuk menjadikan Lovebird (LB) lebih rajin ngekek dengan durasi panjang.

Berikut ini adalah cara pembuatan dan pemberian ramuan herbal daun sereh untuk Lovebird (LB):

• Cara membuat ramuan herbal daun sereh:

Rebus air sebanyak 1/2 liter sampai mendidih, kemudian masukkan 1 batang sereh yang sudah digeprek. Tunggu sampai air rebusan daun sereh berubah warna menjadi agak kemerahan dan tercium aroma harum khas daun sereh lalu di angkat dan didinginkan terlebih dulu.

• Cara pemakaian:

Air rebusan daun sereh tersebut cukup diberikan 3 kali seminggu setelah Lovebird (LB) dijemur atau setelah di umbar.

Manfaat jahe untuk Lovebird (LB):

Selama ini jahe dikenal luas sebagai bahan untuk minuman yang berkhasiat menghangatkan tubuh serta untuk meringankan berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, jahe juga banyak dimanfaatkan sebagai bumbu/pelengkap berbagai jenis masakan. Jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada masakan yang berbahan dasar daging dan juga ikan.

Jahe juga tidak hanya memiliki manfaat untuk Manusia, ternyata jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk menjaga vitalitas Lovebird (LB).

Berikut ini beberapa khasiat jahe untuk Lovebird (LB):

• Mengobati serak pada Lovebird (LB)

Tidak berbeda jauh dengan khasiatnya untuk Manusia, jahe juga bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan menjernihkan suara Lovebird (LB).

Cara membuatnya:

• Jahe dibakar terlebih dulu sampai matang lalu digeprek, kemudian disedu dengan air panas dan tambahkan gula merah/gula jawa secukupnya. Setelah air seduhan jahe tersebut dingin, kemudian berikan pada Lovebird (LB).

• Cara lainnya bisa dengan merebus jahe yang sudah digeprek langsung tanpa dibakar terlebih dulu. Setelah airnya mendidih lalu di angkat dan disaring agar terpisah dari ampas-ampasnya. Kemudian tambahkan madu murni secukupnya dan juga air perasan jeruk nipis secukupnya. Dan setelah air rebusan jahe tadi dingin, bisa diberikan pada Lovebird (LB).

• Seduhan air jahe bisa diberikan pada Lovebird (LB) seminggu dua kali dengan jarak pemberian tiga hari sekali.

• Jahe tidak hanya bisa diberikan pada Lovebird (LB) dalam bentuk minuman saja, tapi juga bisa dijadikan serbuk jahe yang dicampurkan dalam pakan Lovebird (LB) yang berupa biji-bijian.

• Cara membuat serbuk jahe tersebut yaitu jahe diparut sampai menjadi serbuk, kemudian dikeringkan terlebih dulu sebelum diberikan pada Lovebird (LB).

Baca juga:

Ciri-ciri fisik/katuranggan Lovebird (LB) ombyokan yang prospek lapangan

Ciri-ciri khusus Lovebird (LB) fighter

Penyebab dan cara mengatasi Lovebird (LB) cabut bulu

Ciri-ciri perbedaan fisik dan perilaku antara Lovebird (LB) jantan dan betina

Demikian sedikit informasi tentang manfaat daun sereh dan jahe untuk Lovebird (LB). Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga nermanfaat
Terima kasih

Manfaat daun sereh dan jahe untuk Lovebird (LB)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com