Minggu, 22 Oktober 2017

Sistem koloni untuk membuat Pleci lebih gacor

Pleci adalah jenis burung koloni, di alam bebas Pleci hidup secara berkoloni/berkelompok dengan kawanannya. Pleci sering bergerombol mencari makan dengan kelompoknya baik itu jantan maupun betina secara akur.

Kebiasaan itulah yang bisa kita terapkan pada Pleci peliharaan kita, karena dengan dikoloni Pleci akan merasa senang dan nyaman karena seperti mengembalikan sifat dasar dan kebiasaan Pleci di alam liar sebahai burung koloni.

Jadi, agar Pleci semakin rajin berkicau sebaiknya memelihara Pleci lebih dari satu ekor agar saling sahut-sahutan dan semakin gacor.

Lebih baik lagi kalau Pleci dicharge dengan cewek'an/betina untuk menjaga kestabilan tingkat birahinya ketila akan dilombakan.

Biasanya Pleci yang dicharge dengan cewek'an/betina akan cenderung diam dan tidak berkicau. Jadi, Pleci betina juga berguna untuk menghemat stamina Pleci jantan yang akan dilombakan, karena Pleci jantan cenderung menjadi lebih banyak diam sehingga tidak banyak membuang tenaga untuk berkicau sebelum digantang.

Sistem koloni untuk Pleci bisa dilakukan setiap hari, baik saat Pleci istirahat, mandi, maupun ketika dijemur. Biasanya, setelah Pleci dikoloni kemudian dipisahkan dengan koloninya maka akan langsung ngalas dan saling sahut-sahutan. Pisahkan Pleci pada saat di embunkan dan pada saat setelah dijemur.

Ketika akan dilombakan, Pleci juga bisa dikoloni dengan Pleci jantan lainnya untuk merangsangnya agar berkicau ketika digantang.

Tapi perlu di ingat, ketika Pleci yang akan dilombakan tersebut dikoloni bersama dengan Pleci jantan lainnya, sebaiknya dijauhkan dari Pleci cewek'an/betinanya agar Pleci jantan yang akan digantang tersebut mencari-cari cewek'anya.

Hal itu akan membuat nalurinya sebagai pejantan akan tertantang untuk berkicau lebih bagus dan lebih lantang dari Pleci-Pleci jantan lain disekitarnya dengan tujuan untuk menarik perhatian/memanggil cewek'an/betinanya.

Baca juga:

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk Pleci serta manfaatnya

Ciri-ciri perbedaan Pleci jantan dan betina paling akurat

Perawatan Kolibri Daun/Muncang agar rajin bunyi

Perawatan khusus agar Pleci ngalas ngeroll dan buka paruh

Demikian sedikit informasi tentang sistem koloni untuk membuat Pleci lebih gacor. Untuk informasi lain seputar burung Pleci, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Koloni Pleci

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com