Minggu, 12 November 2017

Ciri-ciri Poksay Hongkong jantan dan betina yang akurat

Poksay Hongkong adalah burung klasik yang pernah populer di tahun 1990an, burung ini banyak dipelihara oleh orang-orang berada pada saat itu. Namun keberadaannya mulai sulit ditemui sejak ada larangan import burung dari kuar Negeri.

Tapi sekarang ini mulai banyak pedagang burung yang menjual Poksay Hongkong dalam kondisi masih bahan/bakalan dengan harga yang cukup mahal setara dengan burung-burung kicau kelas atas lainnya seperti Murai Batu (MB) dan whambi.

Jika kita berniat membeli Poksay Hongkong untuk dijadikan burung ocehan dirumah, maka pilihlah yang berjenis kelamin jantan karena lebih cepat gacor dan memiliki lebih banyak variasi kicauan, sedangkan Poksay Hongkong betina cenderung bersuara monoton dan jarang berkicau.

Berikut ini adalah ciri-ciri Poksay Hongkong jantan dan betina yang bisa dijadikan panduan sebelum kita memutuskan untuk membelinya, antara lain:

• Postur tubuh

Poksay Hongkong jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari yang betina dengan postur tegap dan kepala cenderung mendongak ke atas. Sedangkan Poksay Hongkong betina ukuran tubuhnya lebih kecil dengan posisi tubuh membungkuk/menunduk dan posisi kepalanya hampir rata dengan punggungnya.

• Kepala

Ukuran kepala Poksay Hongkong jantan lebih besar dengan mata besar melotot dan leher yang tampak lebih panjang serta bulu-bulu pada pangkal paruhnya lebih tebal sehingga penampilan Poksay Hongkong jantan terlihat lebih gagah dan tampak garang.

• Warna bulu

Jika dilihat sekilas warna bulu Poksay Hongkong jantan dan betina memang serupa dengan warna abu-abu kecoklatan pada hampir diseluruh bagian tubuhnya, dengan kombinasi warna hitam pada daerah sekitar mata dan leher bagian depan, serta warna putih dibagian pipinya yang sering dikembangkan. Warna keabu-abuan pada leher bagian belakang meluas hingga batas punggung.

Dan jika diperhatikan dengan seksama, ada perbedaan mencolok pada bagian bulu disekitar anus burung ini, yaitu adanya bulu-bulu lembut dengan warna kuning kemerahan pada Poksay Hongkong jantan dan ciri tersebut tidak ada pada Poksay Hongkong betina.

Karakter

Antara Poksay Hongkong jantan dan betina memiliki karakter yang berbeda. Poksay Hongkong jantan cenderung lebih jinak dari yang betina.

• Menggunakan cermin dan suara Mp3

Salah satu cara untuk mengetahui jenis kelamin Poksay hongkong yaitu dengan menggunakan cermin, usahakan yang berukuran agak besar. Caranya dengan meletakkan cermin tersebut di depan kandangnya agar Poksay hongkong dapat melihat bayangannya sendiri dicermin.

Poksay hongkong akan mengira bahwa bayangannya tersebut adalah Poksay hongkong lain. Dari situlah kita bisa melihat reaksi dari Poksay hongkong ketika melihat bayangannya sendiri.

Jika Poksay hongkong bereaksi dengan berdiri tegak dan membuka sayapnya ke atas sambil nyiul atau mengerang keras, maka kemungkinan besar Poksay hongkong tersebut adalah jantan.

Atau bisa juga dengan memperdengarkan suara Mp3 panggilan dari Poksay Hongkong betina. Jika burung merespon dengan suara siulan atau erangan yang keras berarti kemungkinan besar Poksay Hongkong tersebut berjenis kelamin jantan, sebab jika Poksay Hongkong betina akan menyahutinya dengan suara kicauan yang pelan.

Baca juga:

Perawatan harian Poksay Hongkong agar rajin bunyi dan gacor

Perbedaan fisik antara Cucak cungkok jantan dan betina

Perawatan harian Cucak Keling agar rajin bunyi dan gacor

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Poksay Hongkong jantan dan betina yang akurat. Untuk informasi lain seputar Poksay Hongkong, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Poksay Hongkong jantan dan betina

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com