Minggu, 05 November 2017

Perawatan harian untuk Cucak Biru agar rajin bunyi

Ketika di alam bebas, Cucak biru/Cucak gadung sangat menyukai buah-buahan. Karena itu, jika kita memelihara Cucak biru, selain diberikan voer sebagai pakan utamanya, buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel dan buah-buahan lainnya juga wajib diberikan setiap hari jika ingin Cucak biru yang kita pelihara tersebut lebih gacor dan teler.

Selain diberikan pakan berupa voer dan buah-buahan, Cucak biru/Cucak gadung juga perlu diberikan Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto untuk memenuhi kebutuhan proteinnya sehingga Cucak biru menjadi lebih cepat birahi dan rajin berkicau.

Perawatan harian Cucak Biru/Cucak Gadung:

• Mandi

Mandi merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan Cucak biru/Cucak gadung, karena selain bermanfaat untuk menjaga kebersihan bulu-bulu Cucak biru yang indah, mandi secara rutin juga dapat merangsang Cucak biru untuk lebih rajin berkicau.

Dengan rutin dimandikan, akan membuat Cucak biru/Cucak gadung menjadi lebih percaya diri dan terpicu birahinya, sehingga secara naluri akan menjadi lebih rajin berkicau dengan tujuan untuk memanggil dan merayu lawan jenisnya.

Mandikan Cucak biru/Cucak gadung secara rutin setiap hari dengan disemprot menggunakan sprayer atau bisa mandi keramba. Dan jika memungkinkan, Cucak biru bisa dimandikan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Seminggu sekali Cucak biru/Cucak gadung bisa dimandikan dengan shampo khusus burung untuk mencegah kutu dan agar bulu-bulunya menjadi lebih sehat, bersih, dan mengkilap.

• Jemur

Setelah selesai dimandikan, kemudian Cucak biru/Cucak gadung di angin-anginkan terlebih dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah semua bulu-bulunya kering lalu dijemur selama sekitar satu jam. Lakukan penjemuran secara rutin setiap hari.

• Pakan, Air minum, dan Ekstra fooding (EF)

- Berikan pakan utama berupa voer dengan merk yang bagus.
- Berikan juga buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel dan lainnya setiap hari secara bergantian. Untuk pisang sebelum diberikan terlebih dulu permukaannya di olesi dengan madu murni.
- Berikan jangkrik dengan porsi 5-5 pagi-sore.
- Ulat hongkong (UH) diberikan 5-5 pagi-sore.
- Kroto diberikan seminggu 2x dengan porsi 1 cepuk untuk sekali pemberian.
- Ulat daun pisang juga bisa diberikan seminggu sekali sebanyak 2 ekor yang berukuran besar. Sebelum diberikan, bersihkan dulu serbuk putih yang ada pada permukaan tubuh ulat dengan air bersih.
- Ganti air minumnya setiap hari.
- Berikan vitamin khusus untuk burung kicau yang diteteskan pada air minumnya seminggu sekali untuk menjaga kesehatan Cucak biru/Cucak gadung dan agar lebih rajin berkicau.

• Kebersihan kandang

Bersihkan kandangnya setiap hari agar Cucak biru/Cucak gadung merasa nyaman dan terhindar dari serangan penyakit.

Baca juga:

Perawatan sederhana untuk Cucak kombo/Kecial kombo agar cepat bunyi

Perawatan harian Poksay Hongkong agar rajin bunyi dan gacor

Ciri-ciri khusus Cendet/Pentet asli Madura

Demikian sedikit informasi tentang perawatan harian untuk Cucak biru agar rajin bunyi. Untuk informasi lain seputar Cucak biru, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak Biru/Cucak Gadung

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com