Sabtu, 25 November 2017

Resep rahasia agar Perkutut cepat manggung dan gacor

Racikan jamu ini bisa diberikan pada Perkutut bakalan untuk memancingnya bersuara, dan bisa juga diterapkan pada Perkutut yang sudah gacor ataupun untuk Perkutut lomba.

Jamu untuk Perkutut bakalan:

1. Siapkan kacang hijau yang sudah direndam dengan air panas sampai lunak sebanyak 5-7 butir.

2. Jamu kemasan khusus untuk Perkutut 3 butir.

3. Undur-undur dewasa 3 ekor.

Sebelum diberikan jamu, terlebih dulu Perkutut di mandikan dengan campuran air cucian beras, tumbukan/rebusan daun sirih, dan kembang (mawar, kenanga, atau cempaka). Mandikan dengan cara dipegang dan direndam dalam baskom/wadah air.

Air cucian beras dan tumbukan/rebusan daun sirih berguna untuk menghilangkan kutu pada bulu-bulu Perkutut, sedangkan kembang hanya untuk memberikan sensasi segar dan wangi saja, tidak ada tujuan lain yang bernuansa mistis.

Setelah dimandikan, pertama lolohkan dulu kacang hijau satu persatu secara pelan-pelan, berikan jeda beberapa saat agar tertelan sampai ke tembolok dulu. Setelah selesai, kemudian lolohkan jamu kemasan khusus untuk Perkutut, dan terakhir lolohkan undur-undur.

Setelah selesai semuanya, masukkan kembali Perkutut ke dalam kandang dan di angin-anginkan di tempat teduh sampai bulu-bulunya kering baru pindahkan ketempat yang terkena sinar Matahari untuk berjemur.

Setelah diberikan jamu, jangan berikan air minum dulu sampai kira-kira dua atau tiga jam untuk mencegah agar Perkutut tidak memuntahkan jamu-jamu yang baru dikonsumsi.

Berikan jamu seminggu sekali agar Perkutut terbiasa manggung. Biasanya dua hari kemudian setelah diberikan jamu tadi, pasti Perkutut akan lebih sering bunyi.

Jamu untuk Perkutut yang sudah gacor:

Untuk racikan jamu dan cara pemberiannya sama dengan jamu untuk Perkutut bakalan, hanya saja pemberiannya cukup dua minggu atau sebulan sekali saja untuk menjaga vitalitas dan kestabilan suara Perkutut.

Akan lebih baik lagi bila ditambahkan campuran madu dan kuning telur ayam kampung. Bisa juga diberikan minyak ikan sebulan sekali untuk keindahan bulu-bulunya. Tapi untuk pemberiannya jangan bersamaan dengan pemberian jamu, berikan minyak ikan pada saat tidak diberikan jamu.

Pemberian jamu kemasan adalah untuk kepraktisan, daripada harus membuat sendiri dengan daun saga/katuk/pare hutan yang sudah langka keberadaannya saat ini, walaupun kalau menggunanan bahan-bahan alami tersebut hasilnya akan jauh lebih baik.

Untuk Perkutut lomba jamunya beda lagi, karena Perkutut lomba membutuhkan stamina yang benar-benar prima saat digantangan. Perkutut lomba membutuhkan nutrisi lebih besar dibanding Perkutut rumahan untuk menunjang performanya di arena lomba.

Biasanya para Kung Mania punya resep rahasia sendiri-sendiri yang tidak akan dibeberkan kepada orang lain.

Demikian sedikit informasi tentang resep rahasia agar Perkutut cepat manggung dan gacor. Untuk informasi lain seputar Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Perkutut Lokal

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com