Senin, 06 November 2017

Tips perawatan Samyong bakalan agar cepat bunyi

Samyong adalah burung yang memiliki kecerdasan luar biasa, burung ini mampu menirukan berbagai macam suara dan bisa dinyanyikannya dengan fasih dan lantang.

Samyong hanya bisa di temukan di daerah Flores, Nusa Tenggara saja karena memang burung ini merupakan satwa endemik yang hanya bisa ditemukan di daerah tersebut.

Burung ini dikenal memiliki mental yang kuat sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan mudah untuk dipelihara sekalipun dari bakalan.

Kelebihan Samyong yang paling menonjol adalah pada kemampuannya menirukan berbagai macam suara kicauan burung lain, dan merupakan burung peniru terbaik di Indonesia.

Jika kita memelihara Samyong dari bakalan atau muda hutan (MH), hal pertama yang harus dilakukan adalah melatihnya agar mau makan voer agar kita tidak repot dalam perawatan hariannya.

Cara untuk melatih Samyong agar ngevoer sama dengan cara melatih ngevoer burung-burung jenis lainnya. Dan berikut ini adalah pola perawatan harian untuk burung Samyong agar rajin bunyi:

Pakan dan Ekstra fooding (EF)

• Voer

Berikan voer yang bagus sebagai pakan utama untuk Samyong. Jangan menggunakan voer yang berwarna mencolok/terlalu cerah karena kemungkinan besar voer tersebut menggunakan pewarna kimia yang jika dikonsumsi burung dalam jangka panjang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan pada burung dikemudian hari.

• Ekstra fooding (EF)

Samyong merupakan burung pemakan serangga. Jenis pakan alami yang bisa diberikan pada Samyong antara lain:

- Jangkrik atau belalang diberikan setiap hari dengan porsi 7-7 pagi-sore.

- Kroto segar diberikan dua hari sekali dengan porsi 1 cepuk.

- Ulat hongkong (UH) diberikan seperlunya saja, terutama pada saat cuaca dingin/hujan.

• Buah

Walaupun Samyong adalah jenis burung pemakan serangga, tapi ada sebagian individu Samyong yang juga menyukai buah-buahan.

Kita bisa mencoba untuk memberikan buah-buahan seperti pisang, pepaya atau apel untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan vitamin Samyong. Walaupun belum diketahui secara pasti apakah pemberian menu buah-buahan tersebut dapat memberikan efek positif, terutama pada performa kicauannya.

Tapi jika dilihat dari manfaat buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral, maka pemberian pakan berupa buah-buahan sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi fisik burung menjadi lebih fit dibandingkan dengan burung yang tidak pernah mengkonsumsi buah sama sekali. Dan burung yang kondisi mental dan fisiknya fit, pasti akan lebih rajin berkicau.

Mandi

Samyong bisa dimandikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau menggunakan bak karamba setiap hari jika cuaca cerah/panas.

Jemur

Lakukan penjemuran secara rutin setiap hari agar Samyong selalu dalam kondisi prima. Tapi Samyong termasuk burung yang tidak tahan terhadap panas, karena di habitat aslinya burung ini selalu berlindung di balik pepohonan hutan yang rimbun dan teduh, sehingga ketika terkena sinar Matahari secara langsung dalam waktu yang lama, maka burung ini rentan sekali mengalami stres dan dehidrasi.

Jadi, waktu penjemuran untuk Samyong sebaiknya jangan terlalu lama, cukup sekitar 15-20 menit saja setiap harinya mulai jam 07.00 pagi.

Pemasteran

Agar Samyong lebih cepat bunyi dengan suara bervariasi, kita bisa melakukan pemasteran pada Samyong dengan menggunakan suara dari Mp3 player atau menggunakan burung-burung masteran.

Dan untuk memancing Samyong berkicau, kita bisa memperdengarkan suara Mp3 Samyong betina. Biasanya Samyong jantan yang sudah dewasa, mudah sekali terpancing untuk berkicau menyahuti jika mendengar suara Samyong betina.

Baca juga:

Perawatan harian untuk Cucak Biru agar rajin bunyi

Perawatan harian Poksay Hongkong agar rajin bunyi dan gacor

Perawatan yang tepat untuk Poksay Jambul Sumatera agar rajin bunyi

Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan Samyong bakalan agar cepat bunyi. Untuk informasi lain seputar burung Samyong, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Samyong

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com