Selasa, 19 Desember 2017

Perawatan Kutilang Sutra agar rajin bunyi dan gacor sepanjang hari

Kutilang Sutra memiliki karakter suara yang khas, sangat nyaring dan keras, cocok dijadikan sebagai burung masteran. Ketika ngeriwik burung ini juga mampu berkicau ngeroll dengan suara isian yang bervariasi.

Kutilang Sutra termasuk burung yang mudah dipelihara dan juga mudah gacor. Burung ini tidak memerlukan perawatan khusus yang rumit, cukup diberikan voer, buah dan Ekstra fooding (EF) seadanya saja burung ini akan tetap rajin berkicau sepanjang hari.

Perawatan harian Kutilang Sutra:

• Perawatan Kutilang Sutra dimulai dari pengembunan setiap pagi agar burung menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi hari yang cerah.

• Kemudian dilanjutkan dengan memandikan Kutilang Sutra pada jam 07.00 pagi dengan menggunakan sprayer atau biarkan mandi sendiri dicepuk khusus mandi yang disiapkan didalam kandangnya.

• Bersihkan kandangnya, ganti atau tambahkan voer dan ganti juga air minumnya dengan yang baru.

• Berikan buah-buahan segar seperti pisang, pepaya, apel, dan sawo sebagai pakan hariannya selain voer agar Kutilang Sutra lebih rajin berkicau.

• Setelah selesai dimandikan, biarkan burung didis dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Berikan Ekstra fooding (EF) berupa jangkrik dengan porsi 3-5 ekor. Setelah bulu-bulunya kering kemudian dijemur selama 1-2 jam rutin setiap hari (tergantung kondisi cuaca).

• Pada siang hari Kutilang Sutra tidak perlu dikerodong, karena hanya akan membuatnya merasa tidak nyaman dan stres.

Biarkan saja Kutilang Sutra berkicau sepanjang hari dengan bebas, karena biasanya setelah mandi pagi dan berjemur, burung akan lebih rajin berkicau.

Pada sore harinya sekitar jam 17.00 kandangnya dibersihkan. Berikan jangkrik 3-5 ekor. Jika cuaca dingin/hujan bisa diberikan ulat hongkong 5-7 ekor untuk menghangatkan tubuhnya.

Pengerodongan tetap diperlukan pada malam hari untuk melindungi Kutilang Sutra dari udara dingin dan agar tidak memakan serangga beracun yang sering mengerubungi lampu pada malam hari.

Kutilang Sutra juga perlu dimaster dengan suara-suara burung lain agar memiliki variasi isian yang beragam.

Baca juga:

Perawatan harian burung Parkit agar lebih cerewet

Perawatan harian Cucak Keling agar rajin bunyi dan gacor

Perawatan Meranti agar rajin bunyi dan cepat gacor

Demikian sedikit informasi tentang perawatan Kutilang Sutra agar rajin bunyi dan gacor sepanjang hari. Untuk informasi lain seputar Kutilang, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kutilang Sutra putih (langka)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com