Minggu, 24 Desember 2017

Tips perawatan untuk Kacer yang kurang fighter

Tidak semua Kacer memiliki mental fighter yang bagus, bahkan lebih banyak yang kurang fighter dibandingkan dengan yang tipe fighter tinggi.

Maka dari itulah kenapa hanya sedikit Kacer yang mampu tampil bagus dilapangan, karena memang Kacer yang memiliki mental fighter tangguh jumlahnya sangat sedikit di alam bebas, dan rata-rata populasi Kacer di alam bebas justru lebih banyak yang memilliki karakter kurang fighter/fighter rendah.

Karena itulah jika ternyata Kacer yang kita rawat adalah Kacer dengan karakter fighter rendah, maka kita harus memberikan perawatan yang tepat agar Kacer tersebut dapat mencapai performa terbaiknya dan dapat tampil maksimal di lapangan.

Perawatan harian untuk mendongkrak mental fighter Kacer meliputi:

• Pemberian Ekstra fooding (EF) dengan jenis dan porsi yang tepat.
• Perawatan mandi dan jemur yang juga harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan Kacer.
• Pengumbaran secara rutin dan teratur untuk melatih stamina dan nafas Kacer.
• Pengerodongan untuk menjaga mental fighter Kacer agar tetap stabil.
• Melatih mental tempurnya.

• Pakan dan Ekstra fooding (EF)

Kacer yang kurang fighter/fighter rendah memerlukan pakan yang dapat meningkatkan suhu tubuh dan tensinya yang akan berdampak pada emosinya yang menjadi mudah naik.

Pakan yang cocok untuk Kacer yang kurang fighter/fighter rendah di antaranya adalah:

- Voer yang memiliki kandungan telur dan madu.
- Jangkrik alam.
- Belalang.
- Ulat hongkong (UH).
- Ulat kandang (UK).
- Larva tawon.
- Kelabang.

Berikan jenis Ekstra fooding (EF) tersebut dengan porsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan Kacer, karena masing-masing individu Kacer memiliki metabolisme yang berbeda-beda, sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda-beda.

• Mandi

Kacer yang kurang fighter memiliki emosi yang rendah, oleh karena itulah Kacer tipe ini suhu tubuhnya harus terus dikontrol agar tetap berada pada tingkat yang ideal, karena hal itu berkaitan erat dengan emosinya yang mutlak berdampak pada performa tempurnya saat dilapangan.

Karena itu, Kacer tipe ini tidak memerlukan intensitas mandi yang terlalu sering, cukup dimandikan 3 hari sekali atau satu minggu sekali saja agar suhu tubuhnya tidak ngedrop.

• Jemur

Untuk mendongkrak mental tempurnya, Kacer yang kurang fighter/fighter rendah harus digenjot emosinya dengan penjemuran maksimal sampai Kacer terlihat mangap dan gelisah baru diteduhkan. Atau bisa juga dengan terapi sauna agar Kacer menjadi semakin bringas ketika bertemu lawan.

• Umbaran

Latih stamina dan nafas Kacer dengan cara di umbar secara tetatur dan konsisten, karena Kacer lapangan memerlukan stamina yang prima serta nafas yang panjang untuk dapat tampil maksimal digantangan.

Umbar Kacer 2-3 kali dalam seminggu secara teratur. Sediakan Ekstra fooding (EF) dan air minum yang cukup didalam kandang umbaran agar Kacer bisa makan dan minum semaunya.

• Kerodong

Kacer yang kurang fighter/fighter rendah sebaiknya lebih banyak dikerodong (full kerodong) setiap harinya pada siang dan malam hari untuk menjaga mental fighternya agar tetap bringas dan agresif ketika bertemu lawan.

• Melatih mental fighter Kacer

Kacer dengan karakter fighter rendah harus dikondisikan agar merasa bahwa dialah yang paling dominan dan paling kuat di wilayah tersebut. Caranya dengan menggantang Kacer bersama burung-burung Kecil yang gacor seperti Kolibri, Lovebird (LB), Kenari, Ciblek, gelatik, dan lainnya setiap hari.

Burung-burung kecil tersebut selain dijadikan sebagai burung masteran, juga bermanfaat untuk mendongkrak mental Kacer.

Cara lain untuk mendongkrak jiwa fighter Kacer adalah dengan cara memberikan untulan berupa burung-burung kecil ketika Kacer berada didalam kandang umbaran agar burung-burung kecil tersebut dikejar dan dihajar oleh Kacer. Dengan cara itu, maka Kacer akan merasa bahwa dialah yang paling kuat dan paling dominan sehingga mental fighternya akan bangkit kembali.

Baca juga:

Cara mengatasi Kacer yang sering nyiblek

Penyebab dan cara mengatasi Kacer nyilet

Penyebab kanibal pada Kacer dan cara mengatasinya

Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan untuk Kacer yang kurang fighter. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com