Senin, 08 Januari 2018

Kelebihan dan kekurangan Cucak jenggot vs Kapas tembak

Cucak jenggot (CJ) dan Kapas tembak (KT) memiliki kemiripan dari penampilan fisik sampai pada karakter suaranya. Keduanya juga sama-sama cocok dijadikan sebagai burung masteran untuk melengkapi materi lagu burung-burung lain seperti Murai Batu (MB), Kacer, Cucak ijo (CI), dan lainnya.

Tapi jika dibandingkan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari sisi mental maupun dari karakter suara kicauannya.

Kelebihan Cucak jenggot (CJ):

• Pada umumnya suara besetan dan tembakan Cucak jenggot lebih mudah direkam atau ditirukan dengan cepat oleh burung-burung lain yang dimaster.

Sedangkan suara Kapas tembak, cenderung lebih susah ditirukan dan membutuhkan waktu lebih lama bagi burung-burung yang dimaster untuk dapat merekamnya.

• Selain itu, karakter suara Cucak jenggot juga lebih tajam dengan irama naik turun yang lebih harmonis (nglagu). Walaupun ada juga Cucak jenggot yang memiliki irama lagu yang kurang bagus (fals).

• Kelebihan lain dari Cucak jenggot yaitu dapat menirukan suara Kapas tembak, sedangkan Kapas tembak tidak dapat menirukan suara dari Cucak jenggot.

• Suara besetan Cucak jenggot yang kasar akan terdengar enak dan terkesan sangar ketika dibawakan burung lain terutama Murai Batu (MB) yang memiliki karakter suara kasar.

• Suara tembakan Cucak jenggot memiliki kemiripan dengan suara Lovebird (LB), yaitu memiliki intonasi yang sangat jelas. Jadi, suara Cucak jenggot akan lebih mudah dan lebih jelas ketika ditirukan oleh burung-burung jenis lain.

Kelebihan Kapas tembak (KT):

• Kapas tembak cenderung lebih rajin berkicau jika dibanding Cucak jenggot.

• Kapas tembak memiliki mental yang lebih kuat dibandingkan dengan Cucak jenggot. Karena jika keduanya ditrek biasanya Kapas tembak akan lebih dominan dan suara tembakannya dapat membuat Cucak jenggot terdiam.

• Suara tembakan Kapas tembak cenderung lebih panjang dengan speed yang lebih rapat dibanding suara tembakan Cucak jenggot.

Jadi intinya, kedua burung tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan. Tidak ada yang lebih bagus atau yang lebih jelek karena semua tergantung dari selera masing-masing Kicau Mania.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Cucak jenggot dan Kapas tembak

Cucak jenggot masteran terbaik untuk burung lomba

Cara merawat Kapas Tembak agar gacor dan buka ekor

Demikian sedikit informasi tentang "Kelebihan dan kekurangan Cucak jenggot vs Kapas tembak". Untuk informasi lain seputar Cucak jenggot dan Kapas tembak, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kapas tembak (KT) dan Cucak jenggot (CJ)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com