Sabtu, 10 Februari 2018

Tips perawatan burung Sogok Ontong agar rajin bunyi

Burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti adalah jenis burung penghisap nektar bunga seperti halnya burung-burung Kolibri yang lain. Burung mungil ini juga memakan serangga-serangga berukuran kecil.

Burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti memiliki ukuran tubuh sekitar 8-10 cm dengan paruh yang panjang, lancip dan melengkung sebagai ciri khas burung-burung penghisap nektar. Suara crecetan tajam burung ini sangat cocok digunakan untuk masteran, tapi hanya burung jantan yang bisa gacor dan memiliki suara kicauan bervariasi serta volume yang keras.

Ciri-ciri burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti jantan memiliki warna bulu kuning terang pada tubuh bagian bawahnya, sedangkan bagian dagu dan dadanya berwarna ungu metalik, serta pada bagian punggung berwarna hijau zaitun.

Sedangkan burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti betina memiliki warna bulu kuning pada tubuh bagian bawah dan tidak memiliki warna ungu metalik pada bagian dagu dan dadanya, serta bagian alisnya berwarna kuning muda.

Merawat burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti agar rajin bunyi sebetulnya cukup mudah, yang terpenting harus rutin dan konsisten, dari mulai pemberian pakan dan Ekstra fooding (EF), mandi, penjemuran dan pemberian vitamin.

Perawatan harian burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti:

Pakan

• Nektar

Pakan utama burung Sogok Ontong di alam bebas adalah nektar bunga, dan ketika kita pelihara maka nektar bunga bisa kita ganti dengan air gula dengan takaran secukupnya saja tapi dibuat agak sedikit kental. Sebaiknya gunakan air panas agar gula cepat larut dan tunggu sampai air larutan gula dingin terlebih dulu baru diberikan pada burung.

• Susu kental manis

Selain air gula, sebaiknya berikan juga susu kental manis agar burung lebih bertenaga. Campur susu kental manis dengan sedikit air agar lebih mudah dihisap oleh burung.

Selain diberikan air gula atau susu kental manis, air putih tetap harus diberikan sebagai air minum, karena air gula dan susu kental manis merupakan makanan untuk burung Sogok Ontong.

• Madu

Madu memiliki efek panas jika dikonsumsi burung, oleh karena itu madu cukup diberikan seminggu 1-2 kali saja sebagai pakan selingan untuk membuat burung agar lebih gacor.

• Kroto

Kroto merupakan jenis Ekstra fooding (EF) yang paling bagus untuk burung-burung jenis Kolibri termasuk Sogok Ontong sebagai sumber protein hewani.

Selain bermanfaat untuk kesehatan burung, kroto juga terbukti sangat ampuh untuk mendongkrak birahi burung, sehingga dapat membuat burung menjadi lebih gacor. Kroto bisa diberikan setiap hari dengan porsi satu sendok teh.

Mandi

Burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti bakalan yang sudah dewasa biasanya memiliki karakter sangat giras, karena itu burung perlu dijinakkan dulu agar berani berkicau walaupun ada orang disekitarnya.

Agar lebih jinak, burung perlu dimandikan setiap hari dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer sampai basah kuyup. Setelah selesai dimandikan, kemudian burung diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya.

Jemur

Setelah semua bulu-bulunya kering, kemudian burung dijemur selama 1-2 jam untuk menghangatkan tubuhnya. Penjemuran sangat penting untuk dilakukan secara rutin agar burung Sogok Ontong tetap sehat, aktif dan rajin bunyi.

Vitamin

Agar burung Sogok Ontong/Kolibri Sriganti lebih gacor sebaiknya seminggu sekali diberikan vitamin khusus untuk burung kicau yang dicampurkan pada air minumnya. Selain bermanfaat untuk membuat burung agar lebih gacor, pemberian vitamin tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kondisi fisik burung agar selalu fit.

Baca juga:

Perawatan harian burung Klik-klik/Ciblek sawah agar rajin bunyi

Perawatan harian burung Rambatan agar rajin bunyi

Tips perawatan burung Pelatuk Bawang agar gacor untuk masteran

Demikian sedikit informasi tentang "Tips perawatan burung Sogok Ontong agar rajin bunyi". Untuk informasi lain seputar burung Kolibri, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Sogok Ontong Jantan

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com